Bagaimana Cara Mengirim Barang Elektronik dengan Aman?

Logistics & Supply Chain

September 12, 2024


Dalam dunia bisnis, terutama pelaku bisnis B2B, pengiriman barang elektronik dalam jumlah besar merupakan hal yang biasa. Seiring dengan pertumbuhan industri elektronik yang semakin baik dari tahun ke tahun, perluasan target market para pelaku industri elektronik juga semakin meluas.

Badan Pusat Statistik mencatat pada triwulan ketiga di tahun 2023, pertumbuhan industri elektronik mengalami kenaikan di angka 13,68%. Hal ini menjadikan industri elektronik di Indonesia tidak hanya ramai di pasar dalam negeri, namun juga hingga ke pasar ekspor.

Bicara soal perluasan pasar, maka hal ini tidak bisa dilepaskan dari peran jasa pengiriman yang berhasil mengantarkan barang elektronik pesanan hingga berbagai pelosok penjuru negeri maupun belahan dunia. Untuk Anda yang sedang mencari cara mengirim barang elektronik dengan aman terutama untuk B2B, artikel ini akan membahasnya.

Persiapkan Barang Elektronik yang Akan Dikirim dengan Aman

Langkah pertama agar barang elektronik yang akan Anda kirim tetap aman sampai ke tangan customer atau reseller adalah dengan melakukan pengemasan yang tepat dan aman dari berbagai risiko. Karena bagaimanapun kemasan adalah garis pertahanan pertama yang akan melindungi barang elektronik Anda selama proses pengiriman berlangsung. Untuk itu, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  • Bungkus Barang Elektronik dengan Bahan yang Kuat dan Tebal

Kemasi barang elektronik yang akan dikirim dengan kardus tebal dan busa kustom agar setiap sisinya rapat dan tidak mudah bergeser maupun berbenturan selama di perjalanan. Rute jalan yang tidak rata atau bergelombang menjadi risiko utama yang dapat merusak barang elektronik Anda.

  • Lapisi dengan Bubble Wrap

Selain menggunakan kardus dan juga busa kustom, lapisi barang elektronik yang akan dikirim dengan bubble wrap. Plastik pembungkus dengan tekstur bola-bola berisi udara ini tidak hanya memberikan perlindungan ekstra dari guncangan sehingga barang tetap stabil, namun juga akan melindungi barang Anda dari air yang dapat merusak komponen elektronik.

  • Gunakan Palet Kayu Agar Lebih Aman

Agar semakin aman, tidak ada salahnya menambahkan palet kayu sebagai pembungkus terakhir untuk melindungi barang dari adanya benturan atau kejatuhan benda berat lain yang dapat merusak barang elektronik tersebut. Palet kayu terkenal cukup kuat menahan beban berat dan aman jika barang terjatuh.

Tambahkan Label Informasi

Selain memilih packingan yang aman dengan berbagai lapis material, Anda bisa menambahkan informasi tambahan menggunakan label agar barang elektronik diproses dengan hati-hati selama pengiriman. Untuk jenis-jenis label informasi yang dapat digunakan antara lain:

  • Label Fragile

Label Fragile biasanya digunakan untuk menunjukkan barang tersebut perlu ditangani hati-hati karena rentan mengalami kerusakan. Menempelkan label ini dapat membantu orang-orang lebih berhati-hati dalam memproses barang elektronik yang Anda kirimkan.

  • Label This Side Up

Beberapa barang elektronik perlu ditempatkan dengan bentuk aslinya dan tidak boleh terbalik. Jika barang Anda memiliki karakteristik yang sama, maka label This Side Up perlu ditempelkan agar petugas jasa pengiriman tidak menumpuk barang elektronik Anda dengan sembarangan.

  • Label Handle with Care

Label terakhir yang dapat ditempelkan ada Handle with Care yang mengindikasikan bahwa barang yang dikirim merupakan barang sensitif yang mudah rusak sehingga pemindahan dengan cara dilempar atau terbentur dapat dihindari.

Siapkan Dokumen yang Diperlukan

Dokumen yang lengkap sangat diperlukan agar proses pengiriman barang elektronik menjadi lancar tanpa kendala. Siapkan beberapa dokumen berikut ini:

  • Invoice dan Packing List

Menyertakan invoice dan packing list dalam setiap pengiriman merupakan hal yang wajib agar mempermudah proses identifikasi, pengiriman, hingga penerimaan barang. Perhatikan informasi di dalam invoice yang memuat detail barang yang dikirim, termasuk nomor seri dan informasi relevan lainnya.

  • Dokumen Asuransi

Asuransikan barang elektronik Anda sebelum dikirim dan simpan bukti asuransi ini agar Anda memiliki jaminan untuk klaim jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Surat Jalan

Pihak jasa kirim biasanya akan memberikan surat jalan untuk Anda simpan dan tembusannya dikirimkan pada penerima. Perhatikan surat jalan yang Anda dapatkan, lalu cocokan dengan barang yang akan dikirim, informasi pengirim, dan juga penerima.

Pilih Jasa Pengiriman yang Berpengalaman

Setelah memastikan packingan barang elektronik Anda aman, maka selanjutnya adalah memilih jasa pengiriman yang berpengalaman. Berikut faktor-faktor yang dapat Anda pertimbangkan:

  • Kredibilitas Jasa Pengiriman yang Digunakan

Pilihlah jasa pengiriman yang memiliki kredibilitas dan telah banyak diakui oleh para pengusaha maupun kliennya. Anda dapat mengecek melalui review atau menanyakan langsung testimoni pada jasa kirim tersebut. Anda juga bisa mengecek melalui website mengenai jasa pengiriman tersebut termasuk servis yang disediakan dan moda transportasi yang dimiliki.

  • Menyediakan Asuransi Pengiriman

Selain kredibilitas, pilih juga jasa kirim yang menyediakan asuransi pengiriman, terutama pada barang-barang elektronik. Pelajari bagaimana servis dan jaminan keamanan yang ditawarkan terhadap barang-barang dengan nilai tinggi seperti elektronik. Lalu cari tahu juga proses klaim jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Servis Khusus Barang Elektronik atau Bernilai Tinggi

Beberapa jasa pengiriman adakalanya memiliki layanan khusus yang diperuntukan kepada barang-barang bernilai tinggi seperti elektronik. Layanan ini meliputi penghitungan nilai benda, pemantauan suhu, peletakan barang yang tidak ditumpuk, ataupun opsi pengiriman kilat. Pertimbangkan untuk memilih layanan ini jika barang elektronik yang Anda kirim memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi atau pun bernilai mahal.

Pengiriman barang elektronik memang tidaklah susah, namun karena komponennya yang dapat rusak, maka cermat memilih jasa pengiriman yang tepat menjadi prioritas Anda. Pastikan Anda memilih jasa kirim yang tahu bagaimana memperlakukan pengiriman barang elektronik seperti IDL yang telah banyak mengirimkan barang elektronik maupun manufaktur ke seluruh Indonesia sejak tahun 2014. Dapatkan penawaran terbaik dan jaminan keamanan dengan menghubungi info@idlcargo.co.id hari ini.

September 17, 2024

Transportasi Barang Melalui Darat, Laut, dan Udara...

Logistics & Supply Chain

September 09, 2024

Tips Memilih Jasa Pengiriman Kurir yang Tepat

Logistics & Supply Chain

September 05, 2024

Apa Itu Inland Transportation dan Kelebihannya

Logistics & Supply Chain
Logistics & Supply Chain

September 17, 2024

Transportasi Barang Melalui Darat, Laut, dan Udara, Manakah yang Lebih Hemat?

Logistics & Supply Chain

September 09, 2024

Tips Memilih Jasa Pengiriman Kurir yang Tepat

Logistics & Supply Chain

September 05, 2024

Apa Itu Inland Transportation dan Kelebihannya

Tingkatkan Efisiensi dan Keandalan Pengiriman Bisnis Anda Sekarang!