Tips Memilih Jasa Pengiriman Kurir yang Tepat

Logistics & Supply Chain

September 09, 2024


Dalam era digital di mana semua serba cepat, kebutuhan akan layanan jasa pengiriman barang menjadi hal yang tidak lagi bisa dihindari. Maraknya toko online dan mudahnya akses ekspor-impor menjadikan peran jasa pengiriman barang semakin di depan.

Bahkan di masa pandemi sekalipun di mana hampir seluruh sektor bisnis mengalami kelumpuhan, penyedia jasa kirim justru merasakan pertumbuhan permintaan pengiriman yang signifikan. Sebanyak 85,2% masyarakat pada saat itu justru sangat membutuhkan jasa pengiriman untuk mengurangi mobilitas.

Tingginya peluang dan fakta lapangan dari kebutuhan jasa kirim, maka hal ini menimbulkan antisipasi yang tidak boleh dilewatkan. Berikut beberapa tips memilih jasa pengiriman yang cepat dan aman ke seluruh Indonesia.

Pilih Jasa Pengiriman dengan Cakupan Layanan yang Luas

Servis pertama yang harus Anda perhatikan saat memilih jasa pengiriman adalah seberapa luas cakupan daerah yang bisa mereka lalui. Pastikan jasa pengiriman yang Anda pilih mampu mengantarkan barang Anda ke seluruh pelosok wilayah Indonesia, termasuk ke daerah yang sulit dijangkau. Jasa pengiriman dengan cakupan wilayah yang luas akan mempermudah Anda melebarkan bisnis sehingga tidak ada kendala dalam setiap transaksi sejauh apa pun customer Anda berada.

Memiliki Kecepatan Pengiriman yang Jelas

Selain cakupan daerah yang luas, ada baiknya jasa pengiriman juga memiliki kecepatan durasi pengiriman yang jelas. Pasalnya kecepatan dalam proses pengiriman barang merupakan hal yang krusial. Dengan adanya berbagai pilihan seperti same day, ekspres, atau reguler dapat mempermudah Anda untuk mencocokan estimasi yang Anda butuhkan agar barang sampai tanpa terlambat.

Memiliki Berbagai Opsi Moda Transportasi

Setelah tahu estimasi pengiriman barang, maka faktor lain yang tidak kalah penting adalah adanya opsi moda transportasi. Manakah jalur transportasi yang cocok untuk Anda? Jalur laut, darat, atau via udara? Jika pun mengambil jalur laut atau darat, jenis truk pengiriman seperti apa yang cocok untuk muatan Anda? Semakin banyak opsi yang bisa ditawarkan, semakin mudah Anda dalam memilih.

Biaya Layanan yang Kompetitif

Tidak bisa dipungkiri, pengiriman yang banyak membuat perusahaan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Untuk itu pilihlah jasa kirim yang menawarkan biaya layanan terjangkau dan kompetitif seperti IPL yang telah menjadi sahabat banyak perusahaan sejam 2014. Di IPL, Anda akan diberikan penawaran paling terbaik dengan kualitas layanan yang prima. Kami menjamin barang Anda akan sampai ke tujuan dengan cepat dan aman, bahkan kami siap menempuh daerah pelosok di seluruh Indonesia demi Anda.

Kualitas Layanan pada Pelanggan

Faktor selanjutnya untuk memutuskan jasa kirim yang terbaik adalah dengan memperhatikan bagaimana mereka memperlakukan pelanggannya, termasuk Anda. Pastikan perusahaan yang Anda pilih memiliki layanan pelanggan yang responsif dan siap membantu ketika terjadi kendala selama proses pengiriman. Anda dapat melakukan pengecekan melalui review pelanggan atau bertanya secara detail pada customer services maupun sales dari jasa kirim tersebut.

Tersedianya Opsi Pembayaran

Saat ini ada banyak opsi pembayaran yang sudah lumrah digunakan, misalnya bank transfer, atau melalui DP sebelum pelunasan. Begitu pula dengan penyedia jasa kirim. Anda dapat memilih jasa kirim yang menyediakan berbagai metode pembayaran dan terbuka terhadap berbagai kemungkinan kontrak seperti tenor setelah 30 hari dan sebagainya.

Menjamin Keamanan Selama Barang Dikirim

Selama barang dikirim, selalu ada risiko yang tidak diinginkan seperti hilang maupun rusak. Oleh karena itu, pastikan jasa kirim yang Anda pilih memenuhi tanggung jawabnya dalam menjaga barang Anda melalui asuransi yang jelas dan win-win solution. Baca dengan tepat setiap pasal di polis asuransi atau tanyakan kepada pihak jasa kirim jika ada yang ingin Anda tanyakan terkait prosedur klaim seandainya terjadi hal yang tidak diingatkan.

Sistem Tracking Real Time

Meskipun barang sudah diasuransikan dan jasa pengiriman yang Anda pilih memiliki reputasi yang baik dalam memenuhi tenggat waktu pengiriman, namun ada baiknya untuk memilih jasa kirim yang memiliki sistem tracking real time. Hal ini akan mempermudah Anda untuk melakukan kontrol kapan saja terhadap barang yang dikirim sehingga efisiensi pengiriman barang dapat diukur.

Adanya Layanan Khusus B2B

Pengiriman yang dilakukan perseorangan dengan perusahaan tentunya berbeda baik secara volume maupun ketentuan lainnya. Sebagai pelaku bisnis, terutama jika pengiriman Anda dalam partai besar seperti pendistribusian atau menyasar target B2B, maka pilihlah jasa pengiriman yang memiliki layanan khusus B2B seperti adanya diskon untuk pengiriman dengan minimal kuantitas tertentu dan juga kontrak yang memberikan kemudahan lain.

Itulah faktor-faktor yang dapat dipertimbangkan sebelum memilih jasa pengiriman yang tepat, terutama jika kedepannya Anda akan sering melakukan pengiriman barang. Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut, Anda dapat menemukan jasa kirim yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tidak perlu kebingungan, Anda dapat memilih jasa kirim IDL yang selalu siap memberikan layanan terbaik untuk setiap pengiriman Anda agar tetap aman dan tepat waktu sampai di tujuan. Hubungi kami di info@idlcargo.co.id untuk mendapatkan penawaran terbaik hari ini.

September 02, 2024

Tips Mengirim Sepeda Motor dengan Aman ke Seluruh...

Logistics & Supply Chain

August 19, 2024

Panduan Lengkap Mengirim Barang yang Aman dan Efis...

Logistics & Supply Chain

September 30, 2024

6 Tips Mengirim Barang Berbentuk Cairan

Logistics & Supply Chain
Logistics & Supply Chain

September 02, 2024

Tips Mengirim Sepeda Motor dengan Aman ke Seluruh Indonesia

Logistics & Supply Chain

August 19, 2024

Panduan Lengkap Mengirim Barang yang Aman dan Efisien

Logistics & Supply Chain

September 30, 2024

6 Tips Mengirim Barang Berbentuk Cairan

Tingkatkan Efisiensi dan Keandalan Pengiriman Bisnis Anda Sekarang!